February 22, 2013

Review : 3R, Retno Kalagan dan (Arisan plus) Workshop teknik dasar smocking di Nanny's Pavillon Bandung

Hai, teman2 !
Maafkan, kalau jadi sebulan sekali aktif di blognya huhuhu...my bad :( 
Tapi lupakan sejenak kesalahan aku kali ini, karena aku punya review yang cukup menarik loh!!
Bulan ini, Februari alhamdulillah kita ada kesempatan untuk belajar teknik smocking (plus arisan tentunya) bersama teh Retno Kalagan :D

Yeaay!

Acara ini kita adakan di Nanny's Pavillon Garden, jalan Riau dekat dengan Black market. Yang paling menarik di cafe ini adalah dekorasinya sweeeet bangeet :) dan tentunya makanan yang bener-bener yummy ! Aku sempet tergoda dengan crazy chocolate waffel pesanan teh Lia, bikin pengeeen walau sekali lihat hihihi...tapi karena aku belum sempet sarapan (kebiasaan! mohon jangan ditiru :p) jadi aku pesan mushroom fettucini dengan lemonade (sama dengan pesanan mba Rita hehe..aku kabitaan orangnya ya hihihi)
Jadi makanan dan minuman yang disajikan di cafe ini seperti waffle, steak, pancake dan pasta, sedangkan minumannya lemonade, juice, ice tea dan milkshake (maaf aku intip dari nyunyu.com :D)
Pokoknya tempatnya cukup menyenangkan karena dekorasinya seperti di taman yang dihiasi bunga-bunga manis dan tanaman hijau segar bikin betah untuk ngobrol dengan keluarga dan teman :)



So, workshop kali ini nampaknya agak terlambat karena beberapa dari kita (termasuk aku) masih mengerjakan PR yang notabene adalah bahan untuk workshop, padahal sudah di-pe-erkan selama beberapa minggu :D 
PR ini adalah menjahit jelujur di kain, dengan ketentuan menjelujur  0,5 cm sebanyak 50 baris sepanjang 110 cm, sehingga lebar kainnya yang bisa digunakan adalah 50 sampai 60 cm. Aku baru mengerjakan pagi-paginya karena ... baru sempat hehe :p . Ketentuan ini sempat jadi perdebatan heboh di anak 3R, sampai-sampai mba Galuh Deluniq yang pengerjaannya sudah benar, jadi harus mengulang 2 kali karena salah persepsi. Melihat semangat mba Galuh, rasanya malu dengan aku yang baru mengerjakan hanya beberapa baris  hehe..tapi tetap semangat untuk mengerjakannya ! Hihihi..
Sambil menunggu teman-teman yang belum datang, aku masih terus menjelujur hingga 2-3 baris, akhirnya teman 3R yang berkumpul adalah  jeng! Jeng:

Rani , Esty, teh Rita, teh Retno, teh  Mutia, teh Lina, Aku dan mba Chandra, yang motoin : teh Lia :) minus mba Galuh (dokumentasi 3R)
Ketentuan menjahitnya seperti gambar dibawah:
Jadi memang harus di gambar terlebih dahulu, sehingga mempermudah kita untuk membuat pleats nya, jarak antara baris (kebawah) adalah 1 cm, sedangkan antara baris (kesamping) adalah 0,5 cm. Hasilnya adalah kotak-kotak seperti dibawah. Kalau menjelujurnya salah (ukurannya tidak 0,5cm) maka hasilnya akan kurang rapi. Seperti yang sudah di uraikan diatas, kain yang digunakan itu ukurannya 50-60cm (lebar) dikali 110 cm (panjang), jadi kita menjelujur kain dipanjangnya (110 cm). Tapi jangan lupa menyisakan benang di kiri dan kanan sepanjang 10 cm.
(source)
Setelah selesai menjelujur, dari sisi kanan dan kiri ujung benangnya ditarik perlahan dan diikat dengan kerapatan yang sama atas dan bawah, sehingga akan seperti dibawah ini:
(source)
Hasil dari tarikan ini dinamakan pleats, tapi yang ini sesudah jahitan smocking ya hehe..:p
Setelah ditarik rapi akhirnya kita bisa memulai teknik dasar smocking, tekniknya ada :

1. Cable stitch-single
Ini adalah teknik paling dasar, kita menggunakan pleats sebagai tempat menjahit smocking, menggunakan garis sebagai pengatur jahitan. Kata teh Retno, jahit di garisnya, tapi tempatkan benangnya di bawah, lalu ke atas, ke bawah, ke atas dan seterusnya.
(source)
2. Stem stitch
Yang kedua ini hampir sama dengan Cable stitch, hanya penempatan benangnya saja yang berbeda, benangnya tempatkan selalu di bawah jarum.
(source)
3.Outline stitch
Nah, yang ini hampir sama juga dengan stem stitch, hanya penempatan benangnya ditempatkan di atas jarum. Hihi pusing kan?biar ga pusing ayo dipraktekkan :)

(source)
4. Wave stitch
Ini agak mulai susah *lap keringat

(source)

5. Trellis stitch
Ini juga :))  Tapi kalau trellis ini, menggunakan setengah baris (0,5 cm) saja.
(source)
Itulah beberapa teknik dasar menjahit smocking, sebenarnya kita bisa melanjutkan hingga 28 jenis jahitan, namun karena waktu dan juga tempat yang tidak bisa kuasai lama-lama hehehe..jadinya kita hanya menjahit 5 teknik dasar saja. Selebihnya 5 teknik ini bisa ditambah atau dikombinasikan.

Teh Rita semangat jahit!
Narsis dulu sambil melanjutkan PR nya
Ini mau bikin pleats nya, tarik teh Lia !
Hasil jahitan smocking punyaku hihihi...ini adalah Cable stitch

Teh retno sedang menerangkan ke teh Rita, teh Lia senyum-senyum kenapa ya??

Narsis tetap lanjut hihihi..mba Chandra dan mba Galuh :)
Over all workshopnya tetap seperti biasa...menyenangkan karena bisa ber haha- hihihi dengan teman seperjuangan hehe..banyak obrolan yang menyambung itu seneng banget, apalagi tuker-tukeran info yang InsyaAllah manfaat.

Untuk workshop bulanan selanjutnya InsyaAllah diisi oleh Intan dari Intanotes, yeaaay!! Jadi tetep ikutin ya hehe..moga2 kedepannya kita (3R) bisa ngajakin temen-temen semua untuk workshop bareng :)
Tunggu saja infonya, ok!

Thank u!
Dwi
-Malicka-

No comments:

You might also like:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...